Di Bawah Sang Mentor (Catatan untuk Gembala Muda)

Thursday, 26 November 2015 08:36 Daniel Ronda
Print option in slimbox / lytebox? (info) PDF

Oleh Daniel RondaDirectional_sign

Tulisan ini adalah pengalaman saya dibimbing oleh mentor Pdt. Nyoman Enos dan Pdt. Rodger Lewis dan Ibu Lelia Lewis sewaktu saya mulai pertama kali terjun di lapangan setamat S1 dari STT Jaffray di tahun 1990 di usia 23 tahun:

Tempat saya mulai praktik adalah di bawah mentor Pdt Nyoman Enos. Darinya saya belajar tentang semangat dan kerja keras pelayanan. Doa dan pembacaan Firman Tuhan adalah esensial dalam kehidupannya. Pagi-pagi benar (mulai pukul 04.00) dia sudah membangunkan kami semua untuk berdoa dan membaca firman Tuhan dan itu dilakukan secara konsisten. Tidak ada lobang dan lalai sedikit pun untuk tidak melakukannya sekalipun kami capek dan begadang malam sebelumnya. Saya sendiri beberapa kali kena tegur karena lalai berdoa pagi. Sebuah pengalaman berharga tentang pentingnya bersekutu dengan Tuhan tiap hari sebagai hamba Tuhan.

Beliau juga sangat mengasihi jiwa-jiwa yang terhilang dan terbuang, sehingga tiada hari tanpa memikirkan dan menolong mereka. Saya seringkali diajak ke desa-desa dengan sepeda motornya dan masih setia dilakukannya sampai hari ini di usianya yang senja. Ini mengajarkan kepada saya tentang tujuan kita menjadi hamba Tuhan adalah mengasihi manusia secara serius sebagai wujud kasih kepada Tuhan. Tanpa memahami tujuan yang jelas ini dapat dijamin tugas pengabdian sebagai hamba Tuhan hanya sebuah profesi belaka tanpa hati dan kasih yang dalam.

Pdt. Rodger Lewis dan Ibu Lelia adalah mentor yang juga tak terlupakan sewaktu pertama kali menjadi gembala yang masih sangat muda. Dialah mengajar saya bagaimana menjadi gembala yang baik. Jika saya makan pagi bersamanya, maka dia meminta saya untuk menceritakan refleksi renungan pagi yang saya baca. Pernah saya kelabakan karena pagi itu saya belum membaca Firman Tuhan. Sebuah pendekatan yang jitu untuk mendorong gembala muda ini menyukai firman Tuhan.

Bapak dan Ibu ini begitu bersemangat untuk melayani dan mengandalkan Tuhan dalam pelayanan. Mereka mengajarkan pentingnya doa dan puasa sehingga setiap Sabtu kami melakukannya dengan kesetiaan. Ketika saya harus mengadu dan lelah secara mental karena ada masalah pelayanan, dia menghiburkan dengan berbagai kata yang menguatkan dan berdoa bersama. Tak pernah sedikit pun ada kata-kata penghakiman yang menjatuhkan, tapi memberi nasehat dan teguran dengan penuh cinta kasih laksana orang tua kepada anaknya. Ketika saya (dalam status bujang) harus mengantarkan seorang pemudi pulang gereja dengan sepeda motor, dengan halus dia mengatakan lebih baik pemuda lain yang antar. Di kemudian hari dia memberitahu bahwa saya harus menjaga kekudusan. Sebuah pengajaran tentang pentingnya hidup kudus sebagai hamba Tuhan.

Pak Lewis punya keunikan, di mana tiap kali mencukur rambutnya dia pergi ke tukang cukur di bawah pohon beringin di sebuah pasar. Saya heran karena dia bisa saja pergi ke salon. Saya bertanya kepadanya mengapa cukur di sana di tempat yang sederhana, dengan gembira dia menceritakan bagaimana dia bisa mengenal orang-orang di sana dan mengasihi mereka. Sebuah teknik kesaksian yang luar biasa, pergi bergaul dan mengasihi orang dengan bergaul dengan mereka. Saya pun ikut mencukur rambut di tempat yang sama dan memang tukang cukur itu menjadi sahabat baik Pak Lewis dan bagaimana kasih Tuhan terpancar dari kehidupan hambaNya lewat kesaksian tukang cukur. Pengajaran yang indah tentang mengasihi sesama dan orang-orang yang marjinal.

Gembala muda masih baru, perlu belajar lagi ketika memasuki medan pelayanan. Siapkan diri belajar dari senior dan miliki “teachable spirit” yaitu hati yang siap diajar! (DR)

Didedikasikan untuk sang mentor: Pdt Nyoman Enos dan Bapak dan Ibu Lelia Lewis.

Last Updated on Thursday, 03 March 2016 04:33

Events

mengundang

agenda

Twitter


Ads on: Special HTML

Statistik Pengunjung

221426

Alamat

Dr. Daniel Ronda
Jl. Jambrut No. 24 (Kramat VIII)
Kel. Kenari, Kec. Senen
Jakarta Pusat, 10430

Follow me on:

facebook-icon Facebook
twitter-icon Twitter
skype-icon Skype (danielronda67)

Disclaimer

Untuk penggunaan materi di website ini, mohon izin ke penulis via email dan sms HP