Artikel / Materi Kuliah

Gembala dan Kehidupan Ekonominya

Thursday, 12 July 2018 07:51 Daniel Ronda
Print option in slimbox / lytebox? (info) PDF

 Oleh: Pdt. Dr. Daniel Ronda

Gembala itu tidak akan pernah kekurangan secara finansial, begitu nasihat mentor saya Pdt. Dr. Nyoman Enos. Dia meyakinkan saya bahwa orang yang dipanggil dalam pelayanan Injil akan hidup oleh Injil (1 Kor 9:14). Apakah itu artinya gembala akan jadi peminta-minta kepada jemaat? Tentu tidak. Dia datang mengunjungi jemaat untuk mendoakan dan memberikan kekuatan Firman Tuhan. Dia menyampaikan Injil kepada orang dengan berita keselamatan. Dari situ Allah akan menggerakkan umatNya untuk mempersembahkan persembahan kepada pelayanan dan hamba Tuhan. Ini adalah bentuk ekonomi Tuhan, di mana transaksi tidak ada. Semuanya mengarah kepada Tuhan, artinya pada waktu si gembala melayani orang atau jemaat, dia sedang memenuhi panggilan Tuhan dan mempersembahkan pelayanan kepada Tuhan. Dia tidak mengharapkan upah dan uang dari orang yang dilayani. Pada sisi lain jemaat atau orang yang dilayani memberikan persembahan kepada Tuhan yang disalurkan kepada pelayan Tuhan. Jadi dia tidak memberi kepada gembala karena kasihan atau mau menolongnya, tapi memberikan kepada Tuhan lewat hambaNya. Itu yang menyebabkan jemaat dilawat oleh Tuhan. Inilah cara ekonomi Tuhan bekerja dalam pelayanan.

Last Updated ( Monday, 16 July 2018 03:12 ) Read more...
 

Serial Menyambut Bulan Misi GKII: Misionari Tanpa Nama (1)

Thursday, 10 August 2017 09:18 Daniel Ronda
Print option in slimbox / lytebox? (info) PDF

Oleh Daniel Rondahqdefault

Ketika memasuki bulan Misi dalam lingkup GKII, sering kita mencari siapa tokoh-tokoh misi besar yang hendak kita presentasikan atau khotbahkan. Kita menyiapkan ayat Amanat Agung dan murid-murid Yesus sebagai teladan. Kita tidak luput menyiapkan tokoh Paulus dan para hamba Tuhan dalam gereja mula-mula. Lalu di zaman moderen ini kita mempersiapkan nama-nama besar mulai dari William Carey, A.B. Simpson sampai R.A. Jaffray. Mereka tokoh hebat yang memenangkan ratusan bahkan ribuan percaya kepada Kristus.

Namun gerakan misi dahsyat tidak semata-mata lahir dari orang hebat-hebat. Bisa jadi lahir dari orang biasa bahkan tidak disebutkan namanya. Ini kisahnya terdapat dalam Kisah Para Rasul yaitu misionari tanpa nama.

Last Updated ( Monday, 16 July 2018 04:07 ) Read more...
 

Ringkasan tentang Spiritualitas Kristen: Apa itu Spiritualitas?

Tuesday, 11 April 2017 16:06 Daniel Ronda
Print option in slimbox / lytebox? (info) PDF